by

Curug Jenggala: Surga Eksotis Yang Tersembunyi di Banyumas

Curug Jenggala terletak di dusun Kalipagu, desa Ketenger, kecamatan Baturraden. Ketenger merupakan salah satu desa wisata karena banyaknya destinasi wisata di wilayah ini. Berada di kaki gunung slamet dengan dominasi perbukitan, sungai dengan bebatuan besar dan air terjun membuatnya banyak tujuan wisata alam di desa ini.

Yang sedang tren di Curug Jenggala ini adalah adanya Selfie Deck atau Love Deck dengan papan kayu berbentuk hati / heart / love dengan latar belakang air terjun dan dikelilingi taman bunga.

Menurut pengelola, pada hari minggu pertama pembukaan Curug Jenggala ini, tiket sebanyak 3.000 ludes dan masih kurang. Sangat ramai memang, bahkan saat kami berkunjung pada hari kerja pun masih tetap ramai.

Curug Jenggala ini semula bernama Curug Tempuhan sedang disiapkan akses untuk umum. 

Yang suka main air juga tetap bisa sampai ke lokasi Curug Jenggala yang ada di bawah Selfi Deck. Aksesnya cukup mudah, tidak terlalu terjal. Saat kami ada di lokasi sedang dibuatkan jembatan kayu untuk penyeberangan dengan pegangan agar pengunjung tidak perlu turun ke sungai. Namun kalau petualang sejati tentunya tanpa jembatan ini pun tetap bisa menyeberangi sungai yang hanya sedalam sekitar 1 meter.

Curug Jenggala bisa di tempuh dari Kota Purwokerto sekitar 30 menit hingga 1 jam tergantung cuaca. Kalau cuaca cerah dan jalan tidak licin bisa menggunakan motor sampai parkir terdekat yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi Curug Jenggala. Pengendara mobil hanya bisa di parkir bawah setelah loket Kalipagu dan berjalan sekitar 1km. Jika buru-buru bisa naik ojek 5 ribu per orang.

pancuran air surga Tiket masuk untuk akses semua tujuan wisata di wilayah Kalipagu Rp. 5.000. Jika ingin sensasi lain dengan akses yang lebih menantang bisa sekalian menuju Curug Penganten yang masih berjarak sekitar 1km, atau tempat wisata lain disekitar kalipagu yang bisa ditanyakan ke pengelola.

Rutenya dari Purwokerto ke arah Baturraden setelah Gerbang Mandala ada pertigaan Ketenger arah Curug Bayan / Curug Gede. Di sebelah Curug Bayan ada jalan ke Utara ikuti saja jalan ini sudah dekat. Jika dari Lokawisata Baturraden bisa juga turun dulu ke Curug Bayan. Sedangkan kalau dari Pancuran Pitu bisa juga dengan jalan kaki sekitar 20 – 30 menitan karena jaraknya hanya sekitar 1km menyusuri jalan setapak.

Kawan-kawan penasaran? Yuk luangkan waktu wisata menjelajahi keindahan surga di negeri sendiri!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed